Selasa, 29 Mei 2018

Onde-Onde Isi Kacang Ijo Empuk Kopong

 Onde-Onde Isi Kacang Ijo Empuk Kopong

Resepsimpel.com - Jajanan yang satu ini sudah gak asing lagi bagi kita baik orang desa atau anda yang hidup di perkotaan, baik yang muda atau yang tua. Jajanan populer ini katanya sih dari sumber sejarah yang ada, awalnya berasal dari negeri Tiongkok, nah loh jauh amat... Kemudian dibawa ke Indonesia pada masa kerajaan Majapahit oleh laksamana dari negeri Tiongkok yang berkunjung ke kerajaan Majapahit. Hingga akhirnya makanan ini sering disajikan sebagai menu kue di istana dan mulai berkembang dimasyarakat majapahit pada saat itu.

Katanya lagi, awalnya onde-onde ini hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau hingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Hemmm cerita terus kapan ngasih resepnya, lagian juga postingan sebelumnya tentang resep kuping gajah, saya udah janji mau ngasih resep berikutnya. Yuk kita mulai..

Bahan-bahan:

Bahan kulit
  • 250gr Tepung Ketan
  • 2 sm Tepung Terigu
  • 6 sm Gula Halus
  • 2 sm Margarin
  • 1/2 st Baking Powder
  • Air Secukupnya
Bahan Isian:
  • 100gr Kacang Ijo Kupas
  • 100gr Gula Pasir
  • 1/2 st Vanili
Pelengkap:
  • Wijen Secukupnya
  • Minyak Untuk Menggoreng


Langkah:

Bikin Isian :

  • Cuci bersih kacang ijo, rendam kurang lebih 1 jam.
  • Siapin kukusan, lalu kukus dengan cara kacang ijo di bungkus dengan kain bersih, agar kacang ijo tidak meluber dan berbuih, kukus hingga empuk dan angkat.
  • Setelah agak dingin, haluskan dengan cara diulek atau diblender tanpa air, biar waktu memasak isian tidak lama dan cepat kalis.
  • Siapkan wajan untuk memasak kacang ijo yang sudah halus tadi dengan api kecil biar tidak cepat gosong, masak hingga kalis, angkat dan dinginkan.
  • Kemudian isian dibulatkan kecil, siap buat isian onde-onde.
  • Sebaiknya membuat isian sebelumnya dan ditaruh di kulkas.

Bikin kulit:
  • Campur semua bahan kulit, lalu tuang air sedikit demi sedikit, hingga membentuk adonan yang bisa dipulung, jangan terlalu kaku nanti menghasilkan onde-onde yang keras. 
  • Ambil sedikit adonan lalu pipihkan, taruh isian di tengah, kemudian bulatkan, lakukan hingga adonan habis. 
  • Siapkan wijen di baki, dan taruh bulatan onde-onde di wijen dan guling-gulingkan hingga wijen menempel. 
  • Siapkan wajan dengan minyak yang agak banyak, ambil onde-onde tekan pelan-pelan supaya wijen menempel, agar pas menggoreng wijen tidak banyak yang lepas. 
  • Goreng onde-onde dengan api kecil hingga matang dan kulit luarnya garing, lalu angkat.
  • Siap disajikan.

Itu tadi resep dari kami, monggo dipraktekkan, Kalau sudah jadi, sudah siap dimakan jangan lupa baca basmalah ya bunda. Semoga berhasil dan harus dicoba sampai berhasil.

Sabtu, 26 Mei 2018

Kuping Gajah Renyah Aduhai

kupung gajah renyah

Resepsimpel.com - 10 hari sudah kita menjalankan ibadah puasa di bulan romadhon ini. Sangat tidak terasa dengan berbagai kesibukan sebagai ibu rumah tangga, mulai pagi hingga malam hari. Toh itu semua pastinya kita jalanin dengan hati ikhlas dan tanpa mengurangi rasa semangat meski dalam keadaan berpuasa. Nah, mumpung masih di bulan puasa coba kita persiapin kue buat lebaran nanti. Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat kuping gajah yang renyah. Disamping cara membuatnya gak terlalu susah, bahannya juga simpel.

Bahan-bahan:
  • 1kg Terigu Segitiga
  • 280gr Margarin
  • 200gr Gula Halus
  • Air Secukupnya
  • Pasta Coklat
  • Minyak Untuk Menggoreng

Langkah:
  • Campur semua bahan, aduk rata tuang air sedikit-sedikit hingga bisa di pulung, bagi adonan menjadi 2, satu kasih pasta coklat.
  • Lalu giling bisa pake rolling atau gilingan mie, saya pakai gilingan mie dari gilingan no 1 sampe no 4, lakukan kedua adonan baik putih dan coklat.
  • Tata dengan urutan putih coklat putih, kemudian gulung sambil ditekan pelan-pelan.
  • Lalu iris tipis, jika pengirisan sulit boleh di masukkan frezer sebentar, goreng dengan api sedang, angkat sebelum coklat karena akan matang di luar, prosesnya kayak menggoreng kacang atau bawang goreng.
  • Lalu dinginkan dan masukkan toples kedap udara...

Tuh kan sudah selesai, simpel bukan? satu jenis kue buat lebaran nanti sudah kita buat, tunggu postingan berikutnya untuk jenis resep kue yang lain.

Jumat, 25 Mei 2018

Tempe Menjes Lada Hitam


Resepsimpel.com - Mungkin dari kita gak banyak yang tahu apa itu menjes, menjes ini hasil dari ampas tahu yang di fermentasi seperti kalau kita membuat tempe. Karena dari ampas tahu jadi tekstur menjes ini berbeda banget sama tempe yang dari kedelai. Empuk, kalau ingin tau kandungan gizinya coba deh cari-cari info diluar sana saya gak bisa ngejelasin disini hehe.. Mari kita tumis, pasti sudah gak kebayang dah kelezatannya.

Bahan-bahan:
  • 1 Papan Tempe Menjes
  • 1 bh Bombay
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 1 sct Saori Lada Hitam
  • Lada dan Garam Untuk Merendam

Langkah:
  • Iris memanjang tempe menjes, rendam dengan lada dan garam sebentar saja.
  • Tumis bombay dan bawang putih hingga harum, masukan tempe menjes, aduk sampai rata, masukkan saori lada hitam, sedikit air, masak hingga matang, angkat.
  • Sajikan dengan nasi hangat...

Petulo Kuah Santan Jajanan Legendaris


Resepsimpel.com - Tiba-tiba teringat jajanan yang katanya sih jajanan legendaris yang dirindukan juga. Bikinnya mudah kok tanpa cetakan, citarasa yang begitu lezat dan tekstur yang empuk ketiga kita gigit. Hemmm yuk kita praktekkin tar keburu laper loh..

Bahan-bahan:
  • 150gr Tepung Beras
  • 50gr Tepung Kanji
  • 1 sm Gula
  • 1/2 st Garam
  • 300ml Santan

kuah kinca:
  • 500ml Santan
  • 3 sm Gula Pasir
  • 50gr Gula Jawa
  • 2 Lembar Pandan
  • Sejumput Garam

Langkah:
  • Campur tepung beras, gula dan santan masak hingga menggumpal.
  • Siapkan wadah berisi tepung kanji, masukkan adonan tepung beras, aduk hingga tercampur, bagi dua, kasih pewarna terus masukkan ke plastik segitiga, gunting sedikit ujungnya,
  • Semprot di kertas roti atau daun pisang yang di olesi minyak, kukus kurang lebih 15 menit lalu angkat.
  • Buat kuah santan, rebus santan masukkan 2 gula dan daun pandan,aduk tambh garam aduk, jangan sampai santan pecah, angkat.
  • Sajikan dengan disiram kuah santan...
Nah itu resep bikin petulo yang menggugah selera. Selamat mencoba semoga berhasil...

Kue Lumpur Lapindo Yummy


Resepsimpel.com - Hai bunda... selamat beraktifitas, ini adalah postingan pertama saya dan saya akan menulis semua resep yang sudah pernah saya praktekkan sendiri dirumah yang hasilnya bisa dibilang lumayan lah untuk dikonsumsi sendiri dan keluarga. Selain hobi, itung-itung ngirit dari pada kita harus beli diluar sana. Kali ini saya mau berbagi resep kue lumpur lapindo. wah dari namanya saja kita sudah pasti penasaran gimana ya rasanya.. hehe

Saya sendiri gak langsung berhasil loh.. sampai 3X percobaan yang akhirnya berbuah manis. Percobaan pertama, pas matang diangkat hancur dan bergelembung ditengahnya, ternyata gara-gara apinya terlalu besar. Percobaan kedua, Pakai loyang teflon ternyata terlalu tipis dan lebar. Percobaan ketiga, pakai cetakan tebal dan ngisinya terlalu penuh yang hasilnya ketebelan. Pantang menyerah dah nimbang tepung cus bikin lagi. Tralaaaa dan akhirnya berhasil, duh senengnya...


Bahan-bahan:

Bahan Kulit
  • 250gr Terigu
  • 1 Butir Telur
  • 500ml Santan
  • 2 sm Gula
  • 1/2 st Garam
  • Pewarna Secukupnya

Vla

  • 400 ml Santan
  • 2 sm Tepung Beras
  • 2 sm Maizena
  • 1/2 st Garam


Langkah:

  • Campur semua bahan kulit, aduk hingga tidak bergrindilbila perlu saring lalu cetak.pake cetakan kue lumpur yang tebel dg di alasi tutup kaleng, masak dengan api kecil. 
  • Tuang adonan 3/4 dr cetakan, biarkan pinggirannya agak kering, ambil bagian tengah dengan sendok makan atau pake suntikan, hingga menyerupai mangkok,adonan yg tengah tadi campur dengan adonan yang belum dicetak, jangan dibuang loo.(untuk menghasilkan kulit yang berkeriput kayak dadar gulung, cetakan panaskan dulu baru tuang adonan, lalu kecilkan apinya. Akan menghasilkan kulit luar yg bopeng-bopeng cantik).
  • Tutup cetakan dan masak hingga matang di angkat tidak lengket.
  • Lakukan hingga adonan habis.
  • Bikin vla, campur semua bahan vla, masak hingga mengental lalu matikan kompor. Tuang di mangkok kulit tadi.
  • Hias dan sajikan...


Bunda, itulah resep dan cara membuat kue lumpur lapindo sangat mudah bukan? selamat mencoba dan semoga resep ini bermanfaat.